Wednesday, August 15, 2018

Agar Bunga dan buah Tanaman Mangga Tidak Rontok, Rahasianya apa?

Agar Bunga dan buah Tanaman Mangga Tidak Rontok, Rahasianya apa? -- Bagi pecinta tanaman mangga, kerontokan bunga dan buah menjadi persoalan. Bahkan, jika bunga dan buah tanaman mangga rontok, membuat perasaan tidak nyaman, makan tidak enak, dan rasanya pikiran gelisah terus. Pikiran bekerja ekstra  berpikir bagaimana menangani agar bunga dan buah tidak rontok, pupuk apa yang harus diberikan, apa yang salah dengan tanaman mangga kesayangan itu, atau barangkali ada rahasianya yang tak terungkap?.

Persoalan rontok bunga dan buah tanaman mangga bukanlah hanya persoalan sobat saja, namun banyak orang lain di luar sana, termasuk saya, pernah menemui masalah seperti itu. Beruntungnya, saya cepat menemui rahasia untuk mencegah kerontokan bunga dan buah sehingga rasa senang pun kembali menghiasi hidup saya.

Agar Bunga dan buah Tanaman Mangga Tidak Rontok, Rahasianya apa?

Apa rahasianya agar bunga dan buah tanaman mangga tidak rontok? Tepat sekali Sobat berada di blog Pupuk Lahan ini. Tidak ada yang rahasia, semua yang diketahui akan diungkap sampai ketemu solusinya. Dalam artikel ini kita akan kupas mengapa bunga dan buah rontok dan bagaimana cara mencegahnya?

Penyebab bunga dan buah rontok

Ada beberapa sebab yang membuat bunga dan buah rontok alias gugur, yaitu :

  • Hujan deras dalam waktu lama
  • Angin kencang
  • Kekurangan air
  • Kemarau panjang
  • Kelebihan pemupukan dengan nitrogen yang tinggi
  • Kekurangan unsur-unsur hara P dan K
  • Tanah asam sehingga posfor tidak tersedia bagi tanaman
  • Serangan hama dan penyakit
  • Kurangnya atau tidak pernah diberikan pupuk organik, seperti pupuk kandang,  yang menyediakan hara makro dan mikro
  • Kurang mendapat sinar matahari

Itulah beberapa sebab yang memungkinkan terjadinya kerontokan bunga dan buah pada tanaman mangga. Bahkan, hal yang serupa dapat terjadi pada tanaman buah lainnya, seperti tanaman jambu, jeruk, belimbing manis, kelengkeng, nangka manis, dan sejumlah tanaman buah lainnya.

Pada artikel ini kita tidak memfokuskan untuk membahas penyebab-penyebab tersebut. Mengapa? Karena saya yakin bahwa sobat cukup hebat dalam budidaya tanaman mangga, sehingga penyebab-penyebab yang diutarakan di atas secara umum sudah sobat ketahuinya. Bahkan, semoga benar, beberapa penyebab sudah diatasi dengan sebaik-baiknya meskipun belum berhasil optimal.

Pemupukan Tanaman Mangga

Mari kita tinjau dari sisi pemupukan mengapa bunga rontok dan bagaimana mengatasinya. Sebab, umumnya, jika tanaman mangga tidak mendapat “gizi” yang tepat sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangannya, maka menuai masalah dengan pembungaan dan pembuahan.

Ada dua fase penting dalam kehidupan tanaman, yaitu fase vegetatif dan generatif. Fase vegetatif ini adalah saat tanaman tumbuh akar, batang, ranting, dan daun-daunnya. Dengan kata lain, masa ini adalah masa pertumbuhan tanaman. Dan fase generatif dimana tanaman akan mulai melakukan reproduksi atau sudah masuk pada masa produktif yang menghasilkan bunga dan buah.

Nah, pada fase vegetatif, pemupukan dengan nitrogen sangat diperlukan untuk pertumbuhannya. Namun, begitu masuk usia produktif (generatif) seperti akan masuk masa pembungaan dan pembuahan, maka kebutuhan nitrogen menjadi lebih rendah. Dengan kata lain, pemupukan N (seperti pupuk urea) harus dikurangi.

Ada kebiasaan sebagian orang yang menanam mangga, mulai dari bibit sampai pohon mangga sudah besar selalu menggunakan pupuk NPK 15:15:15 atau NPK 16:16:16. Makanya, kemungkinan besar sulit untuk berbunga. Jika pun berbunga,  bunga dan buah akan banyak yang rontok. Sebab, tanaman mendapat asupan nitrogen yang porsinya besar dan ini akan selalu memicu pertumbuhan vegetatifnya (batang dan daun).

P dan K mengatasi bunga dan buah rontok

Pada masa menjelang pembungaan, berbunga dan berbuah, tanaman mangga harus mendapat nutrisi posfor (P) dan kalium (K) dalam jumlah yang tinggi dibandingkan dengan unsur hara nitrogen (N). Ini bertujuan untuk mer_4_ngsang bunga dan mencegah atau mengatasi kerontokan.

Hal tersebut di atas senada dengan yang diutarakan oleh Rahayu, S. dan Suryaman, D.E dalam bukunya Budidaya Mangga di Lahan Sempit, “Pemberian pupuk fosfor dan kalium dapat memicu pembungaan pada tabulampot. Karena sesuai fungsinya, unsur P berfungsi untuk memicu pembungaan dan pemasakan buah dan biji, sedangkan unsur K berfungsi untuk pertumbuhan bunga, buah, dan menjaga agar tidak terjadi rontok pada bunga. Unsur K juga berperan dalam membentuk rasa  manis pada buah...”

Gejala kekurangan kalium

Jika tanaman mengalami kekurangan (defisiensi) hara tertentu, akan menunjukkan gejala-gejala yang dapat dilihat secara fisik. Contohnya, pada tanaman yang kekurangan kalium (K) salah satu gejalanya dapat ditandai pada buahnya. Beberapa gejala kekurangan kalium dapat dilihat dari tanda-tanda berikut ini, yaitu :
  • Pertama sekali dan mudah ditemui pada daunnya yang kelihatan agak tua
  • Kemudian daunnya banyak keriting 
  • Bagian tanaman seperti batang, cabang, ranting tidak kuat alias lemah
  • Ujung daun dan juga pinggir daun menguning
  • Buah mudah sekali rontok dan jika terbentuk pun buahnya ukurannya kecil
  • Kualitas biji dan buah rendah

Jenis Pupuk Anti Rontok Bunga dan Buah



Beberapa jenis pupuk untuk mengatasi bunga dan buah rontok sudah banyak diproduksi. Pupuk yang mengandung unsur hara P dan K yang tinggi banyak dijual di pasar atau toko pertanian. Bahkan, pupuk untuk mencegah rontok bunga dan buah itu banyak dijual di toko online. Namun, jika tersedia di toko yang terdekat dengan Sobat, mengapa harus beli online, ya ‘kan?

Agar Bunga dan buah Tanaman Mangga Tidak Rontok, Rahasianya apa?
Mangga. Gambar : Dokpri



Maaf teramat dalam dari lubuk hati, bukan maksud promosi produk, ini hanya pengetahuan saja agar petani atau pegiat tabulampot sukses dalam budidaya tanaman buah. Dan memang saya sendiri pernah menggunakan salah satu produk tersebut. Baik, ada beberapa merek pupuk mencegah rontok bunga dan buah (ini sebagai contoh saja), seperti :

  • Pupuk Top Star (10-20-50) dengan kandungannya 10% N, 20% P dan 50% K dan unsur-unsur mikro
  • Ada juga pupuk NPK GROWMORE Bunga dan buah 6:30:30 dengan kandungan 6%N, 30% P dan 30% K
  • Pupuk makro majemuk PK Meroke MKP dengan kandungannya P2O5 52% atau 22,7 % P dan 34% K2O atau 28,2 % K
  • Dan pupuk lainnya yang mengandung P dan K tinggi (jika mau buat sendiri pupuk NPK dengan kadar P dan K tinggi dapat dibaca di sini)

Baca juga ini :


Selesai sudah postingan ini mengulas penyebab dan cara mencegah kerontokan bunga dan buah tanaman mangga. Sekali lagi, dari sisi pemupukan, mengatasinya dengan pupuk yang mengandung P dan K lebih tinggi persentasenya dibandingkan nitrogen (N). Bahkan, pupuk dengan kadar P dan K tinggi dapat mer_4_ngsang pembungaan pada tanaman buah yang akan memasuki fase generatif.atau menjelang berbunga. Demikian semoga bermanfaat. Semoga sobat selalu sukses dalam menjalankan aktifitas dan salam.

No comments:

Post a Comment